Petunjuk!
Permainan PAIKEM Jigsaw ini akan dimulai dari membentuk
kelompok asal berdasarkan jumlah sub
bahasan yang telah ditentukan oleh guru yaitu 5 kelompok. Dimana setiap
kelompok akan mengkaji 1 sub bahasan.
Setelah kelompok asal terbentuk maka
selanjutnya akan dibentuk lagi kelompok ahli (expert team) yang juga terdiri
dari 5 kelompok. Kelompok ahli ini beranggotakan dari masing-masing kelompok
asal yang berbeda-beda. Selanjutnya disini mereka akan berdiskusi dan memahami
topik –topic yang telah ditentukan oleh guru di masing-masing kelompok asal.
Maka setiap anggota kelompok ahli dari kelompok asal akan mejelaskan
gambaran/pemahaman mereka tentang materi yang telah mereka dapat dari kelompok
asal. Sehingga anggota dalam kelompok ahli lain dari masing-masing kelompok
asal memahami materi pada semua sub bahasan tersebut.
Setelah mereka selesai melakukan
diskusi di kelompok ahli, selanjutnya mereka kembali dan berkumpul bersama ke
kelompok asal. Selanjutnya mereka kembali berdiskusi dengan kelompok asal dan
merefleksi (mengulang) pengetahuan yang telah mereka dapat dari berdiskusi dengan
kelompok ahli tadi. Mereka juga dapat merangkum kembali hasil diskusi ini
sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan.
Sintak Paikem JIGSAW
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
1.
PERSIAPAN
a. Pengenalan
Topik yang akan dibahas oleh guru.
b. Guru
menanyakan kepada siswa apa yang
mereka ketahui tentang topic tersebut.
2.
PERMAINAN
a. Guru
membagi kelas menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah konsep yang
terdapat pada topic tersebut. (kelompok asal)
b. Guru
meminta siswa untuk menyiapkan yel-yel sebagai sarana penyemangat dalam waktu
beberapa menit.
c. Guru
membagikan alat tulis pada masing-masing kelompok.
d. Kemudian
guru membagikan meteri-materi atau soal ang akan didiskusikan.
e. Selanjutnya
guru membentuk kelompok ahli (expert teams).
f. Guru
memberikan kesempatan pada kelompok ahli untuk berdiskusi.
3.
KONFIRMASI
a. Guru
memberikan peringatan bahwa waktu diskusi sudah hampir habis.
b. Guru
memberikan kesempatan untuk berdiskusi, dari apa yang mereka dapat dari
diskusi kelompok ahli kepada anggota dari kelompok asal.
c. kemudian meminta siswa untuk membacakan
hasil diskusinya.
4.
REFLEKSI
a. Guru
memberikan tambahan /masukan untuk melengkapi jawaban yang masih dirasa
kurang.
5.
EVALUASI &
PENUTUP
a. Guru
memberikan penilaian secara Individu dan Kelompok.
b. Guru
memberikan review (kesimpulan) dari topik yang telah dipelajari.
c. Guru mengakhiri KBM dengan mengucapkan salam.
|
1.
PERSIAPAN
a. Siswa
mendengarkan dan memperhartikan penjelasan dari guru.
b. Siswa
menjawab apa yang ditanyakan oleh guru agar lebih siap menghadapi kegiatan
pelajaran yang baru.
2.
PERMAINAN
a. Siswa
membentuk kelompok sesuai dengan jumlah konsep yang ada. (kelompk asal).
b. Siswa
membuat yel-yel menarik untuk memberi semangat dan agar lebih menyenangkan
dlm waktu beberapa menit.
c. Tiap-tiap
kelompok mengambil alat tulis yang telah disiapkan guru.
d. Masing-masing
Siswa mendiskusikan soal-soal yang telah di berikan oleh guru.
e. Siswa
menentukan salah 1 dari anggotanya untuk masuk menjadi kelompok ahli.
f. Kelompok
ahli mendiskusikan hasil diskusi yang mereka dapat dari kelompok asalnya
masing-masing.
3.
KONFIRMASI
a. Setiap
anggota kelompok ahli bersiap-siap berkumpul kembali pada kelompok asal.
b. Anggota
kelompok ahli yang sudah kembali kemudian menjelaskan hasil diskusinya di
kelompok ahli tadi kepada semua anggota kelompoknya.
c. Setelah
itu siswa membacakan hasil diskusinya dari masing-masing kelompok asal.
4.
REFLEKSI
a. Semua
kelompok membacakan seluruh hasil diskusinya di depan kelas.
5.
EVALUASI &
PENUTUP
a. Siswa
menyimak atau menncatat simpulan yang diberikan guru.
b. Siswa menjawab salam dari guru.
|

1 komentar:
tnanks infonya, sukses trus buat blognya, nice decoration... :D
Posting Komentar